Sad Song

Jumat, 12 Juni 2020

Keseruan Kuliah

APAKAH MENYENANGKAN BERKULIAH??

     Di era 2020 ini kebanyakan lulusan SMA/MA/SMK sering kali mengatakan "Mau langsung kerja kuliahmah capek banyak mikir" pada umumnya demikian opini anak baru lulus. Pada dasarnya kuliah tidak seperti sekolah wajib menggunakan seragam, masuk pagi pulang sore, banyak PR dsb. Sebenarnya kuliah itu kebalikan dari sekolah lebih menyenangkan dan lebih modern dalam pengerjaan tugas, ya memang butuh mikir dalam mengerjakan tugas akan tetapi kita diperbolehkan mencari di google untuk jawaban dan seringkali tugas take home alias dikerjakan di rumah. Berikut keuntungan kuliah bila ditinjau dari sisi menyenangkan versiku :

1. Mendapat Teman Baru
     Dimana kita menempuh pendidikan pada umumnya kita memiliki teman, sahabat, sodara, relasi, hingga geng, dalam dunia perkuliahan banyak teman yang hanya berfokus pada pendidikannya saja dan ada juga yang kuliah sembari bekerja. Teman yang bekerja umumnya dapat menjadi relasi jangka panjang untuk kita, selain pengalamannya yang luar biasa dia juga dapat membantu kita sewaktu-waktu perihal pekerjaan. Dengan teman yang variatif mampu menciptakan nuasa indah dan  menyenangkan dalam dunia perkuliahan yang tidak dapat dirasakan di masa sekolah meski ada lirik lagu mengatakan "masa yang paling indah adalah masa sekolah" menurutku masa kuliah tak kalah lebih menarik.

2. Maen Kerumah Teman sembari Ngeliweut
     Nah bagian ini yang terseru selama kuliah, foto ini di ambil di lantai 2 rumah kang Andri temen sekelas di PASCA UNPAS. Pada kala itu kita team cwo berencana dadakan main kerumah kang Andri, namun tak diduga kala main di suguhan mie rebus, liliweutan, gorengan dsb duh kenyangnya. Dengan main kerumah teman rasa kekeluargaan makin kental sebab keluarga itu tak selamanya tercipta dari ikatan darah namun bisa tercipta dari ikatan hati aweu aweu aweu kalo aku menyebutnya menangkap momen dimana ada kebersamaan disitu ada kepingan filem bisu untuk suatu saat kala waktu dan jarak memisahkan bahkan saat tua akan menjadi sebuah cerita menyenangkan. Dari main kerumah teman kita mengetahui jalan baru, tempat baru, bahkan dimana kita pergi kita dapat mampir kerumah teman dan bercanda gurau.

3. Refreshing Coy
     Dengan waktu yang terbilang semakin sedikit kita dapat memanfaatkan waktu dengan diskusi sembari jalan-jalan bersama teman kuliah. Oiya paling ujung adalah my brother Abdoel Bastaman asli Gunung Halu dan di tengah adalah Kang Deden Nursidik asli Pangandaran, gambar ini kala iseng-iseng di semester 2 dengan jadwal yang semakin berkurang kita mencari bahan untuk tesis dan berujung nonton ke bioskop heheu. Dimana kita dapat meluapkan emosi dengan kebersamaan di tempat menyenangkan lihat saja kang Deden yang menggigit sesuatu itu ekspresi bahagia maklum manusia 10 juta sebutan dari kami para angkatan III. Mengapa 10 juta?? lihat dari ujung kepala hingga ujung kaki seluruh barang yang dipakai bermerk terkenal bahkan HPnya saja HP flagship dimana harga HP dia segharga motor metik. Ya sudah kukatakan dengan kuliah kita memiliki teman yang variatif dan menarik bahkan menambah wawasan lebih luas mengenai apapun.

4.Gila-gilaan Bersama Teman-teman
     Gambar ini di ambil saat dari perpustakaan usai bimbingan tesis, paling kiri teman sekelas dan sepembimbingan namanya Asep Saepudin biasa dipanggil Asep Jablai, jangan kalian tanyakan mengapa nama panggilannya begitu luar biasa bukan karena dia suka klayapan malam heheu. Kemudian di tengah adalah pegawai Kopi Anjis ya kita sedang berada di kafe KOPI ANJIS Bandung kita lagi di kota coy wkwkwkwk... dari temanku ini aku mengenal namanya kopi dan menikmati kopi hingga menjadi pecinta Black Coffee. Sebenarnya ada satu lagi kala itu namanya Bang Yoga di panggil bang Agoy dia suhu di kampus dan dia yang memotret kami denga pegawai itu.

5. Tugas, Ujian, dan Mata Kuliah
     Siapa sangka bahwa kuliah akan berbeda dengan masa sekolah?? ya memang realita berbeda khususnya jurusan keguruan. Dimana kami melakukan perkuliahan dapat menikmati namanya kopi dikala dosen mengajar dan menerangkan suatu materi perkuliahan. Kita dapat mengerjakan tugas dan mencari jawaban via google dan buku teori ahli, begitupun dengan ujian, sungguh perkuliahan itu indah. Mata Kuliah yang kita tempuh buksn hanya menulis dan berbicara namun dominan persentasi dimana kita dituntut mampu berpicara depan publik hingga menjawab pertanyaan  yang dilontarkan oleh publik dan luar biasanya lagi kita sering melakukan riset suatu mata kuliah semisal Psikolinguistik maka kita melakukan riset antara psikolog dan bahasa anak terhadap lawan bicara seperti apa tentunya harus ilmiah.

6. Menikmati Kopi
     Kita sering kali melakukan ngopi guna bertukar pikiran dan pendapat tentang perkuliahan, tugas, bahkan pekerjaan yang kita lakukan. Disini kita dapat bebas beretorika berbagai macam hal bersama teman kuliah, oiya foto ini di ambil di Eiger Coffe Jl. Cihampelas tepatnya dekat pasar bunga. Dalam secangkir kopi kita dapat menghabiskan waktu dengan sahabat dalam mencari solusi terbaik perihal perkuliaha hingga memaknai suatu kehidupan heheu.

7. Bersahabat dengan Nasi Padang
     Siapa sih yang tak kenal dengan makanan satu ini?? ya Nasi Padang. Jangan dilihat nasinya ada 2 ya heheu itu biasa porsi makanku wkwkwk... Dikala uang menipis tempat inilah yang menjadi tujuan anak-anak kuliahan dalam mengganjal perut yang berdisko. Oiya tempat ini diambil di Nasi Padang sebelah kampusku tepatnya sebrang Taman Lalu Lintas Bandung.

8. Botram
     Sebelum di deskripsikan sesuai sub judul akan ku perkenalkan dulu sahabatku, nah gambar yang akan memakan mie adalah diriku heheu... sisi kiriku adalah kang Zamal dia adalah KM dari angkatan III Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, kecerdasannya mengantar dia sebagai 5 besar yang sidang tesis duluan dan diikuti dengan keberuntungannya ikut seleksi CPNS dan lolos, kini dia sudah menikahi kekasihnya yang ia pacari sejak kuliah di S1 nah contoh ya hubungan harus langgeng ampe nikah tu baru cinta sejati. Lalu sebelah kang Zamal ada bang Yoga dimana tadi sudah diperkenalkan dia orang Sukabumi Geopark, lalu sebelah bang Yoga ada om Saiful alias om Ifull dia dari Bekasi sedaerah denga Ayu Tingting dia adalah kepala sekolah swasta di Bekasi jangan lihat tampangnya tapi hatinya heheu. Sebelah bang Ifull ada kang Adjie dia adalah Ketua DKM di FKIP UNPAS dulunya, dia adalah guru di sekolah internasional dan sebelahnya adalah Kang Andri dia guru di MTs swasta di kota Bandung dia adalah sahabat baikku yang selalu membantuku.
     Botram ini ada dikarenakan yang seharusnya ada 4 mata kuliah di hari sabtu ternyata hanya 1 dosen yang datang sisanya kosong kita hanya mampu menanti sembari bersenang-senang dengan kebersamaan yang ada. Dengan botram ini aku sadari bahwa ada keluarga ke dua di tempat kuliah ya teman sekelas.

9. Toefl
     Dimana ada kuliah ada Toefl ya hanya beberapa jurusan yang mengadakan namun di S2 wajib ada, disini kita dituntut mahir berbahasa Inggris dan menguasai keterampilan berbahasa. Gambar ini diambil tahun lalu sepertinya soalnya aku lupa lagi heheu... sebelahku adalah teh Risma dia istri Polisi dan dia asli orang Soreang deket Mikko Mall dia teteh bagiku sebab selain usia diatasku dia juga yang selalu membantuku perihal perkuliahan maupun asmara.

10. Berburu Buku
     Dikala menuju menyusun tugas akhir perkuliahan baik itu skripsi, tesis, maupun disertasi mahasiswa diwajibkan memiliki buku pegangan untuk melengkapi karya ilmiah yang akan dibuat. Nah gambar ini diambil kala mencari buku teori sastra bersama kak Abdoel Bastaman di Pasar Palasari. Serunya kita dapat membaca gratis sampel sepuasnya dan tentunya dimana ada toko buku pasti ada komik yang bisa dibaca heheu. Kalian jangan lupa budayakan literasi sebab membaca membuka jendela dunia, tentunya tidak sakit mata seperti membaca di ponsel.

11. Perpustakaan
     Nah tempat ini paling kusuka tempat dimana wifi gratis nan kencang dan dapat membaca banyak tesis hingga buku-buku teori ahli terkemuka yang pernah ada. Perpustakaan adalah tempat wajib bagi para mahasiswa selain untuk membaca bisa juga untuk mendownload anime hingga drama korea heheu. Di perpus inilah seorang adik tingkat lupa namanya dia orang Baleendah, dia menemuka jodohnya kala membaca buku diperpustakaan so jangan berpikir perpustakaan tempat yang membosankan atau mengerika ya guys.

12. Bimbingan
     Gambar ini di ambil kala bimbingan di rumah dosen bernama Dr. H. Kunkun Kurniady, M.Pd. beliau pembimbinga 2 yang sangat sempurna dalam artian arahannya sangat enak di dengar, detail dalam menjelaskan, konsisten dengan apa yang dikatakan, dll saya, kak Bast, dan kang Andri bangga memiliki pembimbing seperti beliau. Rumah beliau di Jl. Jakarta dan berkat beliau aku jadi tau terminal yang dipakai syuting preman pensiun yaitu terminal Cicaheum. Dari bimbingan kerumah beliau aku jadi mengetahui Jl. Jakarta seperti apa sungguh indah, kini aku tahu Kosambi dimana, dan tahu bahwa Kota Bandung itu indah... sungguh rindu ke kota... sungguh rindu ke rumah beliau.

13. Sidang Proposal

     Sidang proposal adalah prasidang yang diadakan sebelum lanjut ke sidang tesis, isi proposal hanya ada bab 1 hingga bab 3 dimana isinya hal yang akan di teliti dan teori pendukung variable sesuai judul yang diambil nah di sbelahku adalah salah satu dosen favoritku beliau ku panggil "Bunda" dibalik tegasnya beliau penuh kasih sayang dan beliau adalah ketua jurusan MPBSI (Magister Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia) di PASCA UNPAS beliau bernama Dr. Hj. R. Panca Hidayati Pertiwi, M.Pd.
     Di acara sidang ini kemampuan mahasiswa dan seberapa pahamnya perihal karya ilmiah yang dibuat aka di uji dengan pertanyaan-pertanyaan berbobot dari 3 dosen penguji dan 1 dosen pembimbing. Dimana argumen, asumsi, hipotesis, dan keilmiahan yang kita dapatkan wajib kiat pertahankan sekuat tenaga pikiran agar kita dapat lanjut ke bab IV dan bab V untuk menuju sidang tesis yakni sidang terakhir guna meraih gelar Magister.

14. Foto Bersama

     Nah guys siapa yang tak suka berfoto ria bersama teman sekelas?? momen ini adalah proses menuju akhir dimana setelah foto kelas masa perenggangan akan muncul. Dimana sudah mulai sidang siapa cepat dia duluan, bimbingan ditempat terpisah, jarang ketemu dengan yang lainnya, dll. Kemudian di akhir wisuda foto di atas akan berubah menjadi foto bersama teman-teman memakai baju toga, diharapkan dapat lulus bersama begitu kuat namun disini di uji seberapa kuat ingin beres kuliah atau lamban karena mulai males. Bangganya dapat memakai baju toga dan betapa leganyanya bahkan betapa harunya perjuangan semasa kuliah selesai, nah bagi lulusan sekolah athun 2020 jangan menyerah kalian masih dapat merasakan wisuda dengan berkuliah.

15. Rindu Kuliah

     Di poin akhir ini adalah gambar aku dan teman-teman dikala usai kuliah kita nongkrong depan kampus menikmati senja dalam canta tawa di temani sebungkus arabika dalam gelas terbuka penuh pekat terasa. Aku rindu masa dimana kita sering jalan-jalan berburu makanan, aku rindu melihat candaanmu bang Ifull apa lagi kala memainkan gamelan, aku rindu manusia 10 juta bercerita tentang kisah klasiknya, aku rindu masa kita duduk bersama dan masih banyak lagi.

 Aku rindu dimana kita duduk bersama menikmati senja.

 Aku rindu mengopi bersama hingga sang fajar pamit tidur.

 Aku rindu makan-makan bersama kalian.

 Aku rindu duduk selfie-selfie bersama kalian.

 Aku rindu acara liliweutan.

 Aku rindu duduk dikantin kala pagi hari sebelum perkuliahan dimulai.

 Aku rindu bolak-balik mesan makanan dan kopi demi kita nongkrong hingga petang.

 Aku rindu gila-gilaan di dalam kelas.
Aku lupa di sebelah kang Deden adalah teh Tika KArtika orang Subang juragan dodol nenas.
Sebelah teh Tika ada de Gina dia pindah jurusan ke Magister Manajemen Pendidikan bersama suaminya dan sahabatku Hadian.


Catatan :
     Artikel ini dibuat berdasarkan pengalaman ilmiah dan dengan maksud mendeskripsikan dunia perkuliahan seperti apa dan di sajikan dalam bahasa campur aduk bahasa baku dan non baku.

Baca Juga :
http://pasca.unpas.ac.id/struktur-organisasi/
http://www.unpas.ac.id/prestasi-dosen-di-nasional/
https://fkip.unpas.ac.id/id-pmb/pmb_akademik.html
http://pasca.unpas.ac.id/




Tidak ada komentar:

Posting Komentar