Sad Song

Senin, 13 April 2020


COVID-19
CIRI DAN PENANGGULANGANNYA

     Pada tahun 2020 ini dunia berduka atas merajalelanya wabah Covid-19 yang mematikan bagi umat manusia di seluruh muka bumi. Penyebarannya yang sangat cepat membuat Covid-19 menduduki virus paling mematikan diatas virus AIDS, coba bayangkan saja Covid-19 mampu mengurangi populasi manusia dalam waktu yang sangat singkat. Data yang di kutip dari merdeka.com pada hari Senin (13/4) jumlah pasien positif Covid-19 masih saja terus bertambah. Berdasarkan data pada jam 12.00 WIB, telah terjadi penambahan 316 kasus baru. Sehingga total berjumlah 4.557 pasien Covid-19 di Indonesia. Sementara itu telah terjadi penambahan pasien yang sembuh sebanyak 21 orang dan sehingga total pasien sembuh berjumlah 380 orang yang dinyatakan sembuh. Kemudian, terdapat penambahan kasus meninggal dunia sebanyak 26 pasien, sehingga terdapat 399 kasus meninggal dunia. Sungguh elok jika kita lebih mengenal virus ini lebih dalam agar kita terhindar dari wabah yang sangat mebahayakan ini.

A. CORONA (Covid-19)



     Corona (coronavirus) merupakan virus yang ditemukan di kota Wuhan Cina pada Desember 2019. Nama virus corona diambil dari bentuknya yang mirip seperti mahkota (corona) pada saat dilihat menggunakan mikroskop. Kemudian pada tanggal 11 Februari 2020, WHO mengumumkan Covid-19 menjadi nama resmi virus Corona. Singkatan dari Covid-19 adalah “co” berarti “corona”, “vi” berarti “virus” dan “d” berarti “diase”, dan “19” adalah tahun wabah penyakit pertama kali diidentifikasi yaitu 31 Desember 2019. 
     Corona adalah virus yang menyerang sistem pernapasan mulai dari flu sampai yang lebih serius. Virus ini masih berhubungan dengan penyebab MERS dan SARS. MERS (Middle East Respiratory Syndrome) adalah penyakit saluran pernapasan yang disebabkan oleh virus. Sedangkan SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome) adalah jenis penyakit pneumonia, dimana pada penyakit ini terjadi infeksi saluran pernapasan berat yang disebabkan oleh corona virus. Berdasarkan dari penelitian, bahaya virus corona yang lebih serius dapat menyebabkan kematian. Bahkan, pasien yang terinfeksi dan sembuh akan mengalami kerusakan permanen pada paru-paru dan antibodi.
     Jadi pengertian virus corona secara singkat adalah virus yang menyerang sistem pernapasan, sehingga para penderitanya akan mengalami gejala-gejala pernapasan.

B. Gejala Virus Corona


     Terdapat beberapa gejala virus corona pada manusia. Gejala yang muncul tergantung dari imun seseorang, sehingga virus ini mendapat kelasnya pada tubuh manusi sesuai dengan seberapa serius infeksinya. Infeksi yang disebabkan virus ini dapat tergolong masih ringan ataupun berat, dan berikut adalah gejala virus corona yang tergolong ringan :
  1. Pilek
  2. Sakit tenggorokan
  3. Batuk-batuk.
  4. Demam.
  5. Sakit kepala.
  6. Merasa tidak enak badan.
      Sangat penting untuk kita ketahui bahwa virus corona juga dapat menyebabkan gejala lebih parah seperti bronitis dan juga pneumonia, yang menyebabkan gejala-gejala sebagai berikut :
  1. Demam tinggi jika pasien mengidap pneumonia.
  2. Batuk yang berlendir.
  3. Mengalami sesak napas mirip asma.
  4. Nyeri pada dada (sesak ketika bernapas dan disertai batuk).

C. Cara Mencegah
      Hingga saat ini, belum ditemukan vaksin untuk mencegah infeksi virus corona. jadi pengobatan saat ini adalah pencegahan secara umum dikala pasien mengalami gejala ringan. Karena itulah kita selaku manusia yang berusaha agar tidak terjangkin haru mendekatkan diri kepada tuhan, dan berusaha dengan cara sebagai berikut yang dapat dilakukan :
  1. Hindari bepergian jika tidak begitu penting/mendesak.
  2. Hindari ke tempat-tempat umum yang ramai dikunjungi orang.
  3. Ketika berada di luar rumah selalulah menggunakan masker untuk pelindung.
  4. Selalu mencuci tangan dengan sabun atau Hand Sanitizer.
  5. Jangan bersentuhan tangan dengan orang lain, jika bersentuhan segeralah mencuci tangan dengan sabun atau mencuci dengan Hand Sanitizer.
  6. Saat bersin atau batuk tutuplah hidung dan mulut dengan tisu, lalu buanglah tisu tersebut ke tempat sampah.
  7. Jagalah kebersihan benda yang sering disentuh dan bersihkan lingkungan.
  8. Masaklah daging hingga matang sebelum dimakan.
  9. Hindarilah berdekatan dengan orang yang sedang sakit pilek, batuk dan demam.
  10. Seringlah menjemur badan di pagi hari selama 15 menit dan tidak diatas jam 10 pagi berjemurnya. 
 Jangan bepergian jika tidak penting sekali.

HIMBAUAN
     Virus ini identik menyerang orang usia di atas 40 tahun namun studi kasus di temukan virus corona ini menyerang anak di bawah 5 tahun, remaja, hingga orang dewasa. Alangkah baiknya kita men Lock Down wilayah kita atau mengkarantina diri kita karena tidak tahu kita terjangkit atau sebagai penular wabah tersebut, ya mungkin dikala kita keluar kita merasa tidak terkena namun bayangkan jika kita adalah yang menularkan saat kita pulang kerumah ternyata orang rumah terkena karena kita. Berdiam diri dirumah adalah cara lebih baik sayangi diri anda terutama keluarga anda, kita harus belajar dari China men Lock Down diri selama 2 bulan wabah virus corona mereda dan hingga kini tak ada laporan mengenai virus corona di negeri tirai bambu tersebut.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca, mohon maaf bila ada kesalahan.

SEDIKIT KATA-KATA BIJAK
Hiduplah sesuai anjuran agama, ikuti aturan tuhan jauhilah larangannya!!!
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar